MEMILIH KONSULTAN KELAUTAN YANG TERBAIK

Konsultan kelautan saat ini memiliki peran yang penting untuk bidang kelautan. Karena oceanography sendiri adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan menyelidiki tentang berbagai kedalaman laut di permukaan bumi. Sedangkan untuk survey batimetri ini merupakan salah satu survey di bidang hidrografi untuk mengetahui topografi dasar laut dan juga daerah perairan laut yang lainnya. Sehingga kedua hal ini sangat saling berhubungan. Untuk sebuah penelitian oceanography sudah digolongkan menjadi tiga bagian yaitu mengenai luas, batas kedalaman samudera dan juga mengenai gerakan air laut. Misalnya untuk gelombang laut, gerakan arus laut dan juga gerakan pasang surut air laut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sifat fisik dan kimia air laut. Survey batimetri ini sudah termasuk ke dalam golongan pertama yaitu mengenai kedalaman perairan. Sebelum anda membahas hal ini lebih lanjut sebaiknya anda memahami terlebih dahulu mengenai apa itu batimetri. Batimetri ini berasal dari bahasa yunani yang berarti kedalaman dan juga ukuran. Yang mana konsultan kelautan ini melakukan survey yang harus berpengalaman dalam menentukan keadaan dalam air. Yang mana konsultan kelautan ini mempelajari studi tentang dimensi lantai samudera dan juga danau. Pada sebuah peta batimetri ini akan menampilkan sebuah relief atau dataran dengan contour line yang biasanya disebut dengan kontur kedalaman (depth contours atau isobath).

konsultan kelautan

Alat Yang Digunakan Konsultan Laut Untuk Survey

Untuk melakukan survey batimetri ini tentu saja harus dilakukan dengan tim yang sudah profesional dan sudah memiliki surat izin. Oleh sebab itu anda sangat membutuhkan hal tersebut, sebaiknya memilih konsultan kelautan yang tepat dan berpengalaman. Dalam melakukan survey ini biasanya menggunakan alat khusus yang digunakan untuk pemetaan. Hal ini tentu saja untuk mendapatkan hasil peta batimetri yang sesuai. Dalam melakukan survey ini harus dilakukan dengan teliti dan juga harus dengan pedoman pada standar yang minimum ketelitian dan juga international hydrographic organization (IHO). Berikut ini adalah beberapa alat yang digunakan untuk melakukan survey berikut ini:

  • Echosounder

Alat ini sering digunakan dalam survey oleh beberapa konsultan kelautan adalah echosounder. Jenis alat yang satu ini digunakan untuk mendapatkan data kedalaman optimum yang mencangkup seluruh kedalaman area survey. Untuk mendapatkan hal tersebut tentunya alat yang dioperasikan harus sesuai dengan spesifikasi pabrik. Prosedur standar aplikasi yang dilaksanakan dengan melakukan barcheck atau koneksi sound velocity profile (SVP). Hal ini tentunya menentukan sebuah transmisi dan juga kecepatan rambat gelombang suara air laut dan juga menunjukan index error correction. 

  • Gps antena

Ada beberapa alat yang digunakan dalam keadaan survey batimetri yang sama halnya dengan GPS antena. Yang mana alat ini digunakan untuk mendapatkan data posisi koordinat. Alat yang satu ini merupakan satelit navigasi dengan menggunakan alat GPS tersebut untuk memberikan posisi dan kecepatan 3 dimensi. Selain itu juga untuk memberikan sebuah informasi mengenai waktu dan juga cuaca. 

  • Transducer

Untuk kegiatan survey batimetri ini tentunya saja akan dilakukan untuk pengukuran kedalaman air. Dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan alat yang disebut dengan transducer. Jenis alat ini juga biasanya digunakan untuk memancarkan sinyal akustik ke dasar laut untuk bisa mendapatkan data kedalaman. 

  • Laptop

Untuk mengoperasikan beberapa alat sepertinya halnya untuk mengintegrasikan GPS, transduser dan juga echosounder tentunya sangat membutuhkan laptop. Sehingga peran laptop untuk survey ini tentunya memiliki peran yang sangat penting. 

Dan itulah beberapa alat yang sering digunakan untuk melakukan survey batimetri yang dilakukan oleh konsultan kelautan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan kami melalui WhatsApp